Kategori

Menyiapkan dan Mementaskan Tari Berpasangan atau Kelompok

Diposkan oleh On 12:44 AM

Jangan dianggap sepele apabila anda ingin menampilkan tari berpasangan atau kelompok. Sekalipun di lingkup sekolah. Apalagi sudah sampai pada lingkup umum. Tarian kita benar-benar akan mendapatkan apresiasi dari khalayak ramai. Jika tarian kita bagus maka orang akan merasa puas akan karya yang kita persembahkan. Namun jika tampilan kita buruk, maka akan menjadi citra buruk setiap penampilan kita. Oleh karena itu perlu adanya persiapan yang matang jangan sampai terjadi kesalahan yang fatal. apalagi malu-maluin. Selain Unsur-Unsur Keindahan Seni Tari yang menjadi hal utama untuk dipersiapkan, berikut ini adalah sebagai berikut:

  1. Menentukan Jenis Tari yang akan dipentaskan : ini akan menjadi hal yang utama jika akan mementaskan tari kelompok atau berpasangan. Butuh berapa personil penari untuk tampilan kali ini.
  2. Merancang Pola Lantai yang akan dipakai : Pola lantai yang akan dipentaskan berbentuk seperti apa? apakah lurus vertikal, atau lurus horizontal, atau lurus diagonal, atau zig zag dan lain sebagainya.
  3. Melatih gerakan tari yang akan dipentaskan : Untuk hafalan gerakan memang terkadang para penari sudah hafal, namun untuk keselarasan, kekompakan perlu dilatih. Tanpa latihan bagaimana kita mengkoordinasikan gerakan secara teratur dan bersama.
  4. Menyiapkan Busana yang akan dipakai : Busana sebagai penunjang tarian seseorang. Dengan kostum tepat tema itu bisa tercapai.
  5. Menyiapakan Tata Rias Wajah : Seberapa pentingnya tata rias wajah? bagi saya tata rias wajah juga sangat penting. Terus terang setiap unsur perlu dipenuhi agar semua bisa ditampilkan dengan sempurna.
  6. Menyiapkan Properti dan aksesoris untuk Penari : Properti seperti pedang untuk tarian perang, selendang untuk tarian terbang dan lain-lainya. Properti akan menjadi kelengkapan penari. Jangan sampai ditinggalkan.
  7. Menyiapkan musik pengiring : Tanpa musik pastinya hampa broooo...! harus alias wajib ada musik pengiring walaupun sederhana. Tarian apapun menjadi hidup jika ada musik. Selain itu musik bisa untuk menyeragamkan penari jika tarinya berkelompok dan berpasangan. Musik juga dapat digunakan untuk panduan gerakan. Jika musik sampai ini,maka gerakannya harus seperti ini, dan seterusnya.
  8. Menyiapkan Tata pentas : Tata Pentas berupa panggung akan menjadi tempat penampilan tarian kita. Jika panggung megah, maka tarian akan terlihat megah. Jangan sampai kesiapan yang sudah mendekati sempurna semua rusak gara-gara panggung yang tidak mendukung. Jadi kacau semua.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »