Kategori

Langkah - Langkah Mengaransemen Lagu

Diposkan oleh On 12:19 AM

Hal yang penting yang harus diperhatikan dalam langkah-langkah mengaransemen lagu adalah memperhatikan setiap masing-masing suara. Apalagi dalam paduan Suara harus mengurusi tiga sampai empat suara yang digabungkan secara harmonis. Oleh karena itu Langkah-Langkah ini menjadi sangat penting. Selain Persyaratan untuk Mengarang Lagu harus dipenuhi, Juga penguasaan Materi Tentang Mengaransemen Lagu sebagai teori pokok dalam mendukung Langkah-Langkah Mengaransemen Lagu ini.

Langkah-Langkah Mengaransemen Lagu (Vokal - Paduan Suara)

    Langkah - Langkah Mengaransemen Lagu
  1. Menyanyikan lagu beserta Syair dan carilah kesan yang diungkapkan dalam nada dan kata. Dengan berdiskusi, merenung secara pribadi kemudian masing-masing personil paduan suara mengungkapkan kesan lagu yang diputar berulang-ulang tadi. Apakah berkesan sedih, Asmara, atau gembira dan lain-lain.
  2. Memperhatikan Bunyi Kata-Katanya, Bagaimana temponya, Bagaimana kesatuan hitung yang tepat, Letak penggalan kalimatnya (karena berhubungan dengan pernafasan). membuat tanda Tempo birama, menentukan interval Nadanya, dan tidak lupa menentukan Kunci Akornya dan tanda Kuncinya. Artinya harus menguasai Unsur Musik Secara Keseluruhan.
  3. Carilah Akor dari setiap satuan hitungan. Misalnya dalam Birama 4/4 pada Tempo sedang setiap pukulan 1, 2, 3 dan 4.
  4. Menampilkan Hasil Aransemen. Apakah setiap Aransemen harus ditampilkan? Tentunya menjadi suatu keharusan, jika karya kita ingin dikenal dan merupakan tanggungjawab karya kita pada khalayak ramai. Oleh karena itu ada beberapa yang harus dipersiapkan dalam menampilkan hasil karya diantaranya adalah Sebagai berikut : 
  • Pemain : Orang yang akan membawakan hasil aransemen. Jika aransemennya vokal, maka buatlah grup paduan suara. Harus mencari pemain yang musikalitasnya tinggi (tidak Fales dalam bernyanyi)
  • Alat Musik : Instrumen ini akan menjadi penting untuk mengiringi aransemen lagu yang sudah dibuat.
  • Pemimpin : Dalam paduan suara harus ada pemimpin. Orang sering mengatakan pemimpin lagu ini dinamakan dirijen. Memilih orang yang paling menguasai Musik.
  • Partitur : Partitur ِAdalah lembaran kertas yang berisi notasi musik, dalam hal ini berisi notasi lagu yang sudah dibuat.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »