Kategori

Cara Berternak Kelinci

Diposkan oleh On 10:06 PM

Cara berternak kelinci atau budidaya kelinci berikut lebih  mudah atau praktis berternak kelinci,  Ada berbagi macam cara berternak kelinci. Namun cara yang saya tawarkan kepada anda adalah salah satu metode atau cara berternak yang tidak merusak areal tanah kita, atau merusak halaman maupun lantai kita. Karena biasanya kelinci biasa berkembang biak dengan melobangi tanah yang sedianya digunakan untuk melahirkan anaknya. Namun kali ini penulis mencoba untuk memberikan alternatif yang lain yang tidak merusak areal atau halaman atau tanah kita yaitu dengan membuat kandang diatas tanah. Untuk bahan kandang terserah anda, boleh dari kawat, bambu ataupun kayu.
  •  1        Buatlah kandang dengan ukuran 100 cm X 150 cm ( diisi 3 kelinci dewasa = 2 Kelinci betina dan 1 kelinci jantan)
  • 2.       Masing-masing kandang dibuatkan tempat untuk berternak atau tempat untuk melahirkan anak. Lihat gambar berikut beserta ukurannya.

  • 3.    Ingat! Agar lebih nyaman dalam kotak yang dalam bisa diberi jerami atau rumput yang kering. Biasanya sang induk mencabuti bulunya sendiri untuk menambahi tempat ternaknya (jawa : susoh). Tujuan induk melakukan hal itu demi kenyamanan tidur anak-anaknya agar lebih hangat.
  • 4.       Masukkan 3 kelinci didalamnya.
  • 5.       Dalam jangka 4 bulan biasanya kelinci sudah akan berkembang biak.
  • 6.       Dalam satu induk bisa melahirkan 2 sampai 6 anak. Padahal dalam satu kandang ada 2 induk betina, maka dalam 4 bulan bisa bertambah 12 kelinci kecil. Bayangkan kalau anda memiliki 100 kandang. Maka dalam 4 bulan bisa dapat 1200 kelinci kecil, 8 bulan dapat 2400 kelinci kecil. Satu tahun bisa ribuan kelinci.
  • 7.       Dan apabila ingin benar-benar banyak. Buatkan kandang lagi dan lagi dengan perbandingan, jantan 1 betina 2.
Semoga bermanfaat. Jangan lupa komentarnya! Atas kritik dan saran yang sifatnya membangun diucapkan terima kasih.

Kunjungi aku di http://ravindra7.blogspot.com/ FB: Ki Indra Carita

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »