Kategori

Pengertian seni dan budaya

Diposkan oleh On 10:25 AM

Pengertian seni budaya akan kami jelaskan disini, kita akan membahas satu per satu terlebih dahulu apa itu seni dan apa itu budaya


seni adalah karya yang bermutu yang diciptakan dengan kemampuan yang luar biasa yang diwujudkan dengan keindahan suatu bentuk, komposisi, kesatuan maupun proporsinya, serta memiliki keseimbangan yang baik.

Budaya adalah kebiasaan suatu kelompok masyarakat yang diwujudkan dalam tindakan maupun perilaku yang bersifat konsisten sehingga menjadi ciri khas suatu daerah.

Jika kita menanyakan apa contoh dari seni dan apa contoh dari budaya?

Jawabannya adalah sebagai berikut:
Kita akan rinci terlebih dahulu bahwa seni itu terbagi menjadi seni rupa, seni musik, seni tari dan seni teater atau seni peran.

Seni Rupa

Jika contoh seni rupa juga masih terbagi lagi, yaitu seni rupa murni dan senirupa terapan. Seni rupa murni adalah senirupa yang fungsinya untuk keindahan saja, contoh lukisan, jika seni rupa berdasarkan bentuknya dibagi lagi menjadi seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi, contoh seni rupa 2 dimensi adalah lukisan dan seni rupa 3 dimensi adalah patung, keduanya adalah seni rupa murni 2 dimensi.

Sedangkan seni rupa terapan 2 dimensi contohnya kaligrafi di masjid masjid, sedangkan seni rupa terapan contohnya adalah bagunan-bangunan yang keren-keren.

Seni rupa murni adalah seni rupa yang hanya untuk keindahan saja, seni rupa terapan adalah karya yang tidak hanya indah tetapi memiliki manfaat atau bisa dimanfaatkan keberadaanya.

Seni Musik

Contoh yang berhubungan dengan seni musik adalah menyanyi dan tidak fals, bermain musik yang tidak asal-asalan, dengan cara mengkomposisikan lagu sedemikian rupa sehingga terbentuklah tangga nada yang harmonis. Contoh kongkrit adalah musisi, vokalis, pianis dan lain sebagainya

Seni Tari

Contoh dari seni tari adalah tarian yang memiliki unsur wirupa, wiraga, wirama, wirasa, artinya wirupa adalah seorang penari harus berpenampilan sesuai apa yang ia pergakan dalam sebuah tari, gerakan yang lemah gemulai terstruktur rapi, jika tari berkelompok maka tentunya harus sama, serasi dan memiliki komposisi gerak yang jelas dan tidak ada bloking dari setiap komposisinya.

Seni Teater

Contoh dalam dunia teater atau bisa dikatakan dunia seni peran banyak sekali ada aktor film, ada pantomim, podcast, pergaan kesenian kesenian yang berhubungan dengan budaya, seperti wayang kulit dan lain sebagainya

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.